Kendalikan Pelaksanaan Pembangunan, Bappeda Monitoring ke Lapangan

Senin, 13 Agustus 2018 12:21:09 - Oleh : koes

Biogas: Mengatasi Limbah, Energi Berlimpah

Peserta Pelatihan dari Kemendes PDTT Meninjau Perencanaan di Kulon Progo

Kajian Pembanding Inovasi Daerah dalam Penyusunan Agenda Riset Daerah

Pelatihan Evidence-Based Policy bagi ASN Kulon Progo

Pelatihan Peningkatan Kapabilitas Manajerial Aparatur Bagi Aparatur Desa

Dalam rangka menyiapkan bahan pengendalian kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah, Kamis (9/8/2018) Bidang Litbangdal Bappeda Kabupaten Kulon Progo mengadakan Monev pelaksanaan pembangunan daerah baik yang didanai oleh APBD, BKK Provinsi DIY maupun DAK khususnya yang dilaksanakan di Kecamatan Kokap. Salah satunya kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yaitu Kegiatan Pembangunan / Rehabilitasi Bangunan SD sebanyak 42 sekolah diantaranya untuk Rehabilitasi 2 buah ruang kelas belajar SD Muhammadiyah Penggung Hargorejo Kokap dengan anggaran sebesar Rp128.250.000,00 (Dana DAK) dan Rehabilitasi 2 buah ruang kelas belajar dan pembangunan bangketan SDN Kokap Hargorejo Kokap dengan alokasi sebesar Rp810.000.000,00 (Dana APBD) pada saat diadakan monitoring berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Sekolah dan guru di SD Muhammadiyah Penggung belum ada kegiatan pekerjaan karena dananya belum turun, sementara di SDN Kokap menurut informasi sudah pernah diadakan pengukuran dan pengeboran tanah untuk melihat kontur tanah namun hingga saat ini belum ada tindaklanjut. Selain itu juga Kegiatan Pengadaan Sarana Pendidikan SMP berupa Pengadaan Peralatan Laboratorium Komputer (Dana DAK) senilai Rp262.000.000,00 di SMPN 1 Kokap, sampai saat dilaksanakan monitoring telah diterima sebanyak 23 paket komputer, beserta peralatan penunjang kegiatan belajar dan telah siap untuk digunakan.

Anggaran yang bersumber dari Dana APBD DIY melalui Dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo dipergunakan Kegiatan Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri Sektor Informal untuk pekerjaan Padat Karya Infrastruktur Tahun 2018 sebanyak 11 Paket / lokasi dengan anggaran masing-masing per paket sebesar Rp96.621.000,00 tersebar di Desa Hargorejo (2 lokasi), Hargotirto, Kalirejo, Hargomulyo, Hargowilis, Sidoharjo, Kranggan, Tirtorahayu, Gulurejo dan Desa Sidorejo. Sampai saat dilaksanakan monitoring untuk pekerjaan di wilayah Pedukuhan Gunung Kukusan, Hargorejo belum dilaksanakan karena belum menerima material yang dibutuhkan meskipun untuk wilayah Kecamatan Kokap telah diinstruksikan agar dilaksanakan serentak setelah diadakan pembukaan di Pedukuhan Tegiri Desa Hargotirto pada tanggal 25 Juli 2018. Sementara untuk Pedukuhan Pandu pelaksanaan kegiatan sudah mencapai 95%.

Selain Monev pelaksanaan kegiatan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga dilakukan monev kegiatan yang ada di Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo yang didanai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) yaitu Revitalisasi Sentra Gula Semut dengan alokasi sebesar Rp611.000.000,00 yaitu untuk Pembangunan Talud, Gudang, dan Kamar Mandi / WC serta pemberian bantuan alat untuk Sentra Gula Semut Nyawiji Mulyo, Gunung Kukusan, Hargorejo, Kokap. Kegiatan ini merupakan kelanjutan pembangunan gudang gula semut yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu. Pada saat diadakan monitoring baik Pembangunan Talud, Gudang, dan Kamar Mandi/WC maupun Pemberian bantuan alat untuk Sentra Gula Semut telah selesai dilaksanakan.

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak