FGD gelaran terakhir DRD Kulon Progo

Jum`at, 10 Agustus 2018 09:59:33 - Oleh : koes

Biogas: Mengatasi Limbah, Energi Berlimpah

Peserta Pelatihan dari Kemendes PDTT Meninjau Perencanaan di Kulon Progo

Kajian Pembanding Inovasi Daerah dalam Penyusunan Agenda Riset Daerah

Pelatihan Evidence-Based Policy bagi ASN Kulon Progo

Pelatihan Peningkatan Kapabilitas Manajerial Aparatur Bagi Aparatur Desa

Dewan Riset Daerah (DRD) dan Bappeda Kabupaten Kulon Progo selaku Sekretariat DRD Rabu (25/7/2018) mengadakan gelaran terakhir FGD dalam rangka Penyusunan Agenda Riset Daerah Tahun Anggaran 2018 - 2022 yang difasilitasi oleh Kemenristekdikti. Ketiga kegiatan FGD yang dilaksanakan yaitu FGD Bidang Kesehatan dan Obat Pengampu Prof dr. Suharjo, SU, Sp.M(K) dan dr. Hj Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K) bertempat di ruang rapat Kepala Bappeda dengan menghadirkan Dinas Kesehatan sebagai narasumber, bertempat di ruang rapat Tritis dilaksanakan FGD Bidang Kemaritiman yang diampu oleh Heri Sutanta, Ph.D dan Dr.rer.nat. Ir. Drs. Senam, MS dengan mitra sebagai narasumber Dinas Kelautan dan Perikanan, FGD Bidang Kebencanaan diselenggarakan pada siang hari dengan mitra narasumber dari BPBD Kabupaten Kulon Progo yang diampu oleh Slamet Widiyanto, M.Sc dan Heri Sutanta, Ph.D.

Topik-topik Prioritas riset Bidang Kesehatan dan Obat adalah Pengembangan BBO antibiotik golongan betalaktam dan bahan eksipien ; Riset pengembangan vaksin TB, HIV dan Dengue ; Riset pengembangan alat kesehatan elektromedik dan kit diagnostika dan Riset Pengembangan Teknologi Produksi Sedian Obat Alam.

Sedangkan Prioritas riset terkait Bidang Kemaritiman hendaknya mampu menjawab dan menemukan solusi dari potensi yang dimiliki dari aspek kelautan dan kemaritiman yaitu Prioritas riset kelautan direkomendasikan untuk diarahkan pada penguatan kemampuan masyarakat, pada pemanfaatan potensi kelautan untuk pengembangan semua sector yang melibatkan laut dalam, laut dangkal dan pantai, budidaya dan penangkapan hasil laut untuk pengembangan pangan, energi dan kesehatan ; Prioritas riset kemaritiman direkomendasikan untuk diarahkan pada pemanfaatan laut sebagai lalu lintas perdagangan dan pelayaran, pengembangan pelabuhan dan sumber pangan dan energi dan Prioritas riset diarahkan pada perubahan pola pikir masyarakat terhadap potensi dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan kemaritiman serta penguatan budaya, spirit dan adaptasi terhadap laut

Prioritas riset Bidang Kebencanaan direkomendasikan untuk diarahkan pada penguatan kemampuan masyarakat, Riset aksi, Simulasi dan Temuan inovatif yang meliputi tahapan mitigasi, gawat darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi serta tahap penguatan budaya adaptasi dengan bencana.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak